7 Barang yang Tidak Boleh di Bawa Ketika Ibadah Haji

Bandung, NU Online Jabar 
Pelaksanaan haji merupakan salah satu rukun Islam dan wajib bagi umat Islam yang mampu atau telah memenuhi semua persyaratan. Tentunya untuk keberangkatan jemaah haji harus siap mental, fisik termasuk juga barang bawaannya, mengingat banyak jenis barang yang tidak bisa dibawa oleh calon jemaah selama haji. 

Bahkan, ada banyak kasus calon haji  ini seringkali ditemukan sejumlah barang yang dilarang utnuk dibawa namun dibawa oleh jemaah haji seperti alat-alatan, obat-obatan, dan yang lain sebagainya.

Dilansir dari akun media sosial Instagram Kemenag Jabar yang diunggah pada Rabu, (17/5/2023), Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jabar mengumumkan 7 barang yang tidak boleh dibawa jamaah haji:  

  1. Ricecooker (alat  untuk memasak nasi) 
  2. Pemanas Air (tangki pemanas) 
  3. Barang-barang terlarang seperti narkoba, senjata api, senjata tajam dan sejenisnya 
  4. Barang yang berkaitan dengan perbuatan syirik atau sihir seperti jimat, patung-patung yang berbentuk makhluk hidup, kembang tujuh rupa atau buku primbon. 
  5. Uang dalam bentuk tunai dengan jumlah yang banyak 
  6. Tidak menggunakan perhiasan berlebihan dan mencolok. 
  7. CD atau DVD yang tidak ada kaitannya dengan ibadah haji, apalagi yang terkait tindakan ke arah pornografi.

Sebagai informasi, pemberangkatan jamaah haji asal Jawa Barat untuk pertama kalinya akan berangkat melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka. Bandara tersebut perdana menjadi tempat keberangkatan jamaah haji setelah diresmikan pada tahun 2018. 

Bandara terbesar kedua di Indonesia tersebut memberangkatkan jamaah dari tujuh kabup aten yang ada di Jabar, mereka berasal dari daerah Kabupaten/Kota Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Subang, dan Sumedang pada tahun ini. 

Sumber: https://jabar.nu.or.id/kota-bandung/7-barang-yang-tidak-boleh-di-bawa-ketika-ibadah-haji-m8GDY

BACA JUGA 👉  ciri orang yang beriman kepada Al-Qur'an

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami
Hubungi Kami