BLKK HAMALATUDZIKRA GELAR UJI KOMPETENSI KEJURUAN MULTIMEDIA VIDEO EDITING

Astanajapura – Berkembangnya Lembaga Pendidikan di Kabupaten Cirebon pasti berdampak pada kebutuhan tenaga kerja semakin meningkat. Untuk dapat bekerja pada suatu perusahaan pastinya memerlukan kemampuan skill yang dibutuhkan.

Dalam perekrutan tenaga kerja pada perusahaan tidak hanya melihat kepribadian dan pendidikan akhirnya saja, tetapi juga melihat potensi lainnya seperti mempunyai Sertifikasi Profesi yang membuat nilai tambah bagi pencari kerja.

Dalam pelatihan yang diadakan Balai Latihan Kerja Kominitas (BLKK) Hamalatudzikra Kabupaten Cirebon para peserta wajib mengikuti ujian kompetensi untuk mendapatkan Sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang tingkatnya nasional agar bisa menjamin kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik.

“Para peserta pelatihan melakukan ujian kompetensi sebagai bukti kemampuan sudah kompeten untuk menerima Sertifikasi BNSP, jadi apa saja yang sudah dilatihkan selama ini baik pelatihan mengedit video dengan aplikasi adobe primer, komputer hasil keberhasilannya akan dilihat memenuhi syarat atau tidak melalui ujian kompetensi” kata Bagian Mutu Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung Novario Pordasi saat ditemui usai memantau ujian kompetensi di BLKK Hamalatudzikra Kabupaten Cirebon, Sabtu (24/6/2023).

Jika para peserta ada yang belum memenuhi standar persyaratan dalam ujian kompetensi tidak akan mendapatkan sertifikasi BNSP, Nantinya dapat mengikuti kembali jika ada pelatihan lagi atau secara mandiri dan syukur-syukur bisa lulus semua 100%.

Ia menjelaskan, proses pengujiannya tidak seperti ujian pendidikan hanya menguji kurikulum yang sudah didapatkan para peserta pelatihan dari instruktur mereka pada saat pelatihan. Sarana prasarananya pun harus yang layak seperti pelatihan komputer minimal harus tersedia 8 unit komputer yang digunakan peserta pelatihan.

“Keuntungan bagi para peserta pelatihan yang berhasil mendapatkan Sertifikasi BNSP sangat banyak yakni pertama sebagai bukti kemampuan mereka dan kedua Sertifikasi sudah diakui secara nasional jadi yang mereka lakukan ujian hari ini di BLKK Hamalatudzikra Kabupaten Cirebon sama pengeluaran Sertifikasinya yang di seluruh Indonesia,” jelasnya.

BACA JUGA 👉  Faedah-faedah Mengetahui Tentang Kelompok Ayat atau Surat Makkiyah dan Madaniyah

Kemudian, lanjut dia, saat ini sudah terintegrasi dengan kemampuan yang dibutuhkan oleh industri hal ini sebagai nilai tambah untuk kita mencari pekerjaan di perusahaan.

“Dalam dunia kerja, kompetensi harus selalu dipertahankan agar tidak hilang. Jadi, bukan hanya sekedar pernah kompeten pada bidang tertentu saja, namun kemudian tidak dimanfaatkan kembali dan menjadi hilang” tegasnya.

Sementara itu, ketua asesor BLKK Bekasi ibu Titik Setyawati menambahkan, bahwa pentingnya Sertifikasi BNSP untuk didapatkan para peserta pelatihan kerja sebagai lisensi kemampuan yang diakui secara nasional.

“Jenis sertifikasi ini bersifat sangat spesifik. Kompetensi akan dinilai berdasarkan bidang spesifik dan juga industri yang spesifik,” tuturnya.

Dalam suatu perusahaan, ada banyak sekali sertifikasi profesi, salah satunya adalah sertifikat profesi akuntan. Mereka yang sudah mengantongi sertifikasi ini harus mempunyai kemampuan pencatatan keuangan dan membuat laporan keuangan yang baik.

“Pada BLKK Hamalatudzikra Kabupaten Cirebon sendiri peserta yang lulus mengikuti ujian kompetensi dan mendapatkan Sertifikasi BNSP sangat baik. Pada tahun lalu kelulusan mencapai 95% dari 16 jumlah peserta dengan pelatihan video editing” ujar dia.

Diharapkan, kedepan masyarakat bisa tahu manfaatnya ikut program pelatihan kerja di BLKK Hamalatudzikra Kabupaten Cirebon guna mendapatkan Sertifikasi BNSP untuk sebagai nilai tambah pada saat kita mencari kerja dan semoga tali silaturrahmi ini terus berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami
Hubungi Kami