Faedah-faedah Mengetahui Tentang Kelompok Ayat atau Surat Makkiyah dan Madaniyah

Faedah-faedah Mengetahui Tentang Kelompok Ayat atau Surat Makkiyah dan Madaniyah

Beberapa faedah mengetahui tentang kategori Al-Makkiy dan kategori Al-Madaniy, di antaranya sebagai berikut :

  1. Membantu dalam menafsirkan ayat-ayat suci Al-Qur’an
  2. Kita bisa merasakan gaya-gaya bahasa penyampaian di dalam kitab suci Al-Qur’an dan memanfaatkannya sebagai metode kita berdakwah mengajak kepada agama Allah SWT
  3. Mengetahui sejarah kenabian melalui penjelasan ayat-ayat suci Al-Qur’an

👉 Mengetahui Kelompok Al-Makkiy dan Al-Madaniy serta Penjelasan Perbedaan di antara Keduanya

  1. Cara mengetahui kategori Makkiyah dan Madaniyah

Para ‘Ulama telah berpedoman di dalam cara mengidentifikasi mana kelompok Makkiy dan mana kelompok Madaniy terhadap dua metode dasar, yaitu :

  1. Metode اَلسَّمَاعُ النَّقْلِيُّ atau disebut dengan metode mendengar dari periwayatan secara terus menerus. Metode ini berlandaskan pada periwayatan yang shahih dari para sahabat atau tabi’in
  2. Metode اَلْقِيَاسُ الْإِجْتِهَادِيُّ atau disebut dengan metode persamaan melalui ijtihad. Metode ini berlandaskan pada ciri-ciri khas yang dimiliki oleh masing-masing kelompok Makkiyah dan Madaniyah
  3. Perbedaan Makkiyah dan Madaniyah

Di dalam mengetahui perbedaan antara kelompok Makkiyah dan Madaniyah, para ‘Ulama memiliki tiga pendapat yang masing-masing dari pandangan tersebut mengarah kepada pengertian Al-Makkiy dan Al-Madaniy secara istilah, dan juga masing-masing dari ketiga pendapat tersebut di dasarkan pada sebuah pertimbangan khusus, di antaranya :

  1. Pertimbangan zaman atau masa turunnya ayat. Dengan menjadikan pertimbangan tersebut sebagai tolak ukur, maka pengertian “Al-Makkiy adalah ayat-ayat yang turun sebelum hijrahnya Rasulullah SAW”. Sementara “Al-Madaniy adalah ayat-ayat yang turun setelahnya”.

 

  1. Pertimbangan tempat atau lokasi turunnya ayat. Dengan menjadikan pertimbangan tersebut sebagai tolak ukur, maka pengertian “Al-Makkiy adalah ayat-ayat yang turun di kota Makkah dan sekitarnya, seperti kota Mina, kota ‘Arafah, dan Hudaibiyah”. Sementara “Al-Madaniy adalah ayat-ayat yang turun di kota Madinah dan sekitarnya, seperti kota Uhud, kota Quba’, dan dataran tinggi sala’”.
BACA JUGA 👉  Tips menghafal Al-Qur'an

 

 

  1. Pertimbangan Mukhatab atau kelompok sasaran yang dituju oleh sebuah ayat. Dengan menjadikan pertimbangan tersebut sebagai tolak ukur, maka pengertian “Al-Makkiy adalah ayat-ayat yang memberikan seruan kepada penduduk kota Makkah. Sementara “Al-Madaniy adalah ayat-ayat yang memberikan seruan kepada penduduk kota Madinah”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami
Hubungi Kami