Manfaat Pesantren Kilat Bagi Anak-Anak

Pesantren kilat identik dengan bulan Ramadhan. Kenapa? Karena istilah pesantren ditambah dengan kata kilatnya hanya muncul di bulan mulia ini. Pesantren adalah tempat menuntut ilmu agama. Biasanya disertai dengan sistim boarding atau asrama. Sementara pesantren kilat adalah istilah untuk kegiatan keagamaan dadakan yang dilaksanakan di bulan Ramadhan.

Pesantren kilat dilaksanakan di sela pembelajaran di sekolah. Ada juga  yang menselang seling antara belajar dan pesantren kilat. Misalnya satu minggu belajar, minggu berikutnya pesantren kilat. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan sekolah.
Sebenarnya apa manfaat pesantren kilat? Jawabannya tentu saja untuk menambah ilmu pengetahuan keagamaan. Misalnya ilmu tentang fikih puasa, ilmu sejarah Islam, bahasa Arab, mahfudzot (kata-kata mutiara), belajar hadis, dan tentu saja mempelajari Al Quran.

Walau sebentar, pesantren kilat mampu meninggalkan kesan mendalam pada peserta didik dan mereka tidak sabar untuk menunggu Ramadhan tahun depan. Hal ini terjadi karena sistim belajar di pesantren dikemas dengan cara-cara yang menarik. Seperti lewat tayangan video atau nonton film islami sama-sama, mendatangkan pengkisah profesional dan metode menarik lainnya. 

Kreator: Heni Kusrini
Dikutip: Kompasiana

BACA JUGA 👉  Pengurus Kopponten Addzikra Putatpayung Mengikuti Pelatihan Perkoperasian Bagi Pengelola Koperasi Se-Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami
Hubungi Kami