Pengurus Kopponten Addzikra Putatpayung Mengikuti Pelatihan Perkoperasian Bagi Pengelola Koperasi Se-Jawa Barat

Bandung – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat H. Kusmana Hartadji membuka kegiatan Pembukaan Pelatihan Perkoperasian bagi Pengolahan Koperasi Se – Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (empat) hari berturut-turut, dari tanggal 22 s/d 24 Agustus 2023 bertempat di Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Kecil UPTD Pendidikan Pelatihan Perkoperasian dan Wirausaha.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 50 orang peserta yang semua peserta pelatihan perkoperasian yang merupakan Pengurus koperasi di Kabupaten dan Kota Se – Jawa Barat.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk kegiatan pelatihan perkoperasian bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia pelaku koperasi khususnya pengurus dalam mengelola koperasi dan usaha koperasi. sedangkan tujuan lainnya untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan teknis pelaku usaha mikro kecil agar dapat memproduksi secara kreatif, inovatif, dan deversifikasi produk khususnya yang berbahan baku.

Dasar Pelaksanaan kegiatan ini adalah :

1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
2. Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia No. 16 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus Non Fisik Peningkatan Kapasitas Koperasi, Usaha Mikro dan Kecil
3. Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2023.

Dalam sambutannya, H. Kusmana Hartadji selaku kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat mengatakan bahwa pemberdayaan koperasi merupakan langkah strategis dalam menumbuhkan pembangunan nasional. Guna mencapai titik tersebut tentunya harus dilakukan berbagai upaya secara menyeluruh, terintegrasi, serta bersinergi. Hal ini dapat dicapai dengan mendorong koperasi untuk meningkatkan kapasitas dan perannya melalui peningkatan kemampuan sumber daya manusia.

BACA JUGA 👉  Membumikan Tradisi Pesantren Kilat: Sebuah Nostalgia Masa Kecil Di Bulan Ramadhan

Beliau juga mengatakan bahwa dewasa ini peluang usaha dibidang pengolahan koperasi memiliki prospek yang cerah dan menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Ditunjang lagi dengan ketersediaan bahan baku potensi koperasi yang cukup besar di Kabupaten dan Kota Se – Jawa Barat. Apabila usaha ini dikelola dengan baik dan benar pasti akan mendatangkan keuntungan yang sangat menjanjikan. oleh karena itu, Melalui pelatihan ini, akan diajarkan cara pembuatan dan pengolahan koperasi, dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan teknis pelaku usaha mikro kecil menengah untuk dapat memproduksi secara kreatif, inovatif dan deversifikasi produk, sehingga mampu bersaing dan dapat memenuhi tuntutan kebutuhan pasar.

Beliau berharap bahwa peserta hendaknya dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, dan menimba ilmu dan keterampilan dari para instruktur agar selesai pelatihan ini dapat mengembangkan usaha yang mandiri dan sekaligus membantu pemerintah dalam mengembangkan sektor usaha mikro kecil dan mengurangi angka pengangguran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami
Hubungi Kami