Penutupan Pelatihan Video Editing BLKK Hamalatudzikra

Astanajapura – Setelah sukses gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan pertama, kini BLK Komunitas Multimedia Ponpes Hamalatudzikra gelar kembali pelatihan serupa untuk angkatan kedua.Senin, (5//6/2023)

Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi dengan maraknya penggunaan artificial intelligence pada seluruh bidang kehidupan hari ini menjadi sebuah tantangan tersendiri. Pasalnya, di tengah pertumbuhan demografi dan pekerja produktif yang semakin meningkat justru membuat lapangan pekerjaan semakin berkurang akibat kehadiran kecerdasan buatan tersebut.

Hal ini akan berdampak buruk pada pertumbuhan ekonomi masyarakat seperti menurunnya daya beli yang disebabkan oleh ketidakmampuan masyarakat untuk bekerja.

Ditengah kekhawatiran atas hadirnya kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang memungkinkan berkurangnya kebutuhan pekerja ini, Ponpes Hamalatudzikra melalui lembaga pelatihannya tersebut kembali membuka Pelatihan Video Editing untuk kedua kalinya.

Program pelatihan yang dimulai sejak 8 Mei 2023 ini menyasar kalangan milenial pencari kerja di daerah sekitar lokasi BLK Komunitas Ponpes Hamalatudzikra tersebut berada.

Ketua BLK Komunitas Ponpes Hamalatudzikra, Kyai Moh Mahdi, M. Pd. menegaskan kepada para peserta yang didominasi oleh alumni dan masyarakat sekitar, untuk terampil dan mengikuti perkembangan zaman hari ini. Terlebih lagi dengan hadirnya kecerdasan buatan (AI) yang akibat buruknya dapat mengurangi peluang kerja pada sektor-sektor tertentu.

“Hadirnya artificial intelligence (AI) di tengah kehidupan hari ini menjadi satu tantangan tersendiri bagi kita semua. Sebab, hal ini menegaskan bahwa pesaing kita tidak lagi sesama teman atau kawan saja melainkan juga dengan robot atau AI.” ujarnya saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Masih dalam kesempatan yang sama, Kang Mahdi begitu sapaan akrabnya juga menegaskan pentingnya pelatihan ini untuk para peserta. Mengingat, pelatihan video editing ini tidak dipungut biaya sedikitpun alias gratis.

BACA JUGA 👉  Acara perpisahan siswa kelas XII Madrasah Aliyah Ad-Dzikro Putat Payung Yayasan Nurul Huda Japura Lor

“Untuk pelatihan ini dilaksanakan tanpa pungutan biaya yang dibebankan kepada para peserta. Sehingga harapannya para peserta dapat memanfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya dan sungguh-sungguh.” Tegasnya

Adapun Balai Latihan Kerja Komunitas Ponpes Hamalatudzikra ini merupakan BLK Komunitas yang ada di lingkungan pesantren. Hadirnya lembaga pelatihan ini di tengah komunitas seperti pesantren merupakan upaya pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan RI untuk memberikan keahlian kepada para peserta agar mampu bersaing dalam dunia kerja dan usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami
Hubungi Kami